Berita

Minim Nilai Kontrak Media di Soppeng Ditaksir '17' Rupiah Sehari, Wartawan Mana Tahan.!!

 

Soppeng,  -  Indo Globe News. Id

Terungkap nilai kontrak perusahaan Media di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan Per 1 tahun hanya sebesar Rp:75.000 dan jika di bagi 365 hari kalender dalam setahun hasilnya adalah, kurang lebih Rp:17 rupiah per 1 hari.

Artinya, upah harian bagi pekerja Pers di Soppeng hanya dinilai sebesar Rp.17 Rupiah per satu hari, Wartawan Mana Tahan.!!

Hal pelik ini muncul di Desa Pattojo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan.

Anggaran untuk berlangganan koran di Pemerintahan Desa (Pemdes) se-Kabupaten Soppeng cukup beragam yang diberlakukan khusus untuk perusahaan media cetak yang masuk kontrak.

Lebih membingungkan adalah, kontrak media tidak berlaku setahun anggaran pasalnya, ada media yang kontraknya hanya berjangka waktu tiga bulan dan lima bulan hingga enam bulan saja tapi anehnya, ada  yang hitungan kontraknya lebih dari enam bulan di desa .

Parahnya lagi, di tahun anggaran 2023 sekarang ini, terungkap di salah satu Desa tepatnya di Desa Pattojo yang menganggarkan kontrak ke perusahaan media dengan angggaran maksimalnya hanya sebesar Rp.75.000 rupiah dalam kurun waktu setahun penuh.

Hal itu terasa naif bahkan telah memberi rasa kekecewaan bagi sejumlah wartawan lokal di daerah ini.

Akibatnya, puluhan wartawan di Soppeng yang kecewa kemudian bersatu menyatakan sikap dan bersepakat untuk tidak menerima pembayaran langganan koran tersebut.

Dan salah satunya adalah, Wartawan Media Fokus, sebut saja Putra Baringeng Sudirman Cippoe misalnya, saat dihubungi melalui via WhatsApp-nya kepada sesama Wartawan mengatakan "Tidak usah kita ambil itu dana koran di Pattojo Ndi, masa nilai wartawan hanya Rp.75.000 per tahun disana.! seakan akan anggaran koran selalu jadi sasaran utama untuk dikurangi padahal, mungkin saja ada pengadaan lain yang tidak masuk dalam perencanaan sebelumnya tapi itu yang ia terima sehingga patut kami duga, anggaran koran yang selalu dikurangi apa bila ada pengadaan yang bersifat dadakan ,"Ujarnya.

Sementara itu, Indah adalah salah satu perangkat Desa Pattojo yang dihubungi awak media ini membenarkan hal menyangkut nilai anggaran koran tersebut, indah menyebutkan "iye' Rp.75.000 ,"Sebutnya'.

Karena demikian, jangankan orang dewasa sekelas Wartawan, Bocah Kecil (Bocil) pun tau kalau uang penghasilan dalam sehari hanya senilai Rp.17 rupiah itu tak cukup buat beli satu sendok BBM jenis PERTALITE untuk menunjang kebutuhan kendaraan Wartawan.

(FIRMAN).