Berita

Lantik 2 Orang JPT Pratama, Ini Pesan Bupati Sergai

 

Sergai---Indoglobenews 
Sei Rampah,

Formasi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali punya wajah baru.

Hari ini, Selasa (14/5/2024) Bupati Sergai H. Darma Wijaya melantik dua orang JPT Pratama yaitu Sekretaris DPRD Kabupaten Sergai yang diisi oleh Muhammad Fahmi, S.STP, MAP, dan Raden Cici Sistiyansah, S.Sos yang menjabat sebagai Penjabat (Pj.) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Acara pelantikan ini di gelar di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Bupati Sergai dalam sambutannya menyebut, kedua JPT Pratama tersebut mengisi jabatan strategis di Pemkab Sergai, sekaligus menggambarkan proses regenerasi birokrasi.

Menurut Darma Wijaya, dalam konteks kepemimpinan, regenerasi bukanlah sekedar pergantian, tetapi sebuah simfoni pembaharuan dan upaya memelihara dinamika pemerintahan yang terus bergerak maju.

“Momentum hari ini jangan pula dipandang sebatas peremajaan usia, tetapi juga menjadi momentum penyegaran ide dan semangat untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Bupati.

Dengan tegas dirinya mengingatkan, pengambilan sumpah untuk menduduki jabatan publik sebagai JPT Pratama, bukan berarti menduduki kursi empuk di zona nyaman, tetapi justru membawa amanah dan tanggung jawab publik, sesuai bidang tugas masing-masing.

Bupati Sergai meyakini dalam menjalankan tugas perlu komitmen, kemauan kuat dan nilai-nilai integritas, agar amanah itu bisa terwujud sesuai yang diharapkan.

“Oleh karena itu, sinergi dan koordinasi antar perangkat daerah menjadi sangat penting. bukan hanya sebagai pegawai yang bekerja di kantor, tetapi jadilah sumber inspirasi dan insan peradaban yang memberi manfaat dan kebaikan,” sambungnya.

Pada kesempatan ini, Bupati yang dikenal dengan panggilan akrab Bang Wiwik ini punya pesan khusus untuk masing-masing JPT Pratama yang dilantik.

Kepada Sekretaris DPRD, Bupati berpesan agar dapat senatiasa menyelaraskan antara fungsi lembaga Legislatif dan Eksekutif, sebab seluruhnya memiliki satu tujuan, yakni menyejahterakan masyarakat Sergai.

“Dengan harmonisasi dan sinergi langkah, saya yakin tujuan kita dalam mewujudkan Sergai Mandiri, Sejahtera, dan Religius akan terwujud. Perlu saudara ingat bahwa Sekretaris DPRD diangkat dan diberhentikan dengan keputusan Bupati. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” katanya.

 

 

Sedangkan kepada Kepala BPKAD, Bupati berpesan agar para pengguna anggaran untuk tertib dalam pengelolaan anggaran masing-masing perangkat daerah, sehingga memudahkan dalam pengelolaan anggaran secara keseluruhan.

“Lakukanlah pengelolaan aset daerah secara baik dan benar, efektif dan efisien. Untuk itu peraturan dalam pengelolaan aset harus menjadi pegangan dalam pelaksanaannya. Hal ini saya pandang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap perangkat daerah dan hal mutlak yang sepatutnya diwujudkan dalam rangka tata pemerintahan yang bersih dalam bentuk pelaporan dan pengelolaan aset, yang tentunya akan berpengaruh pada penilaian/opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah,” tambahnya sembari menyinggung jika Pemkab Sergai telah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK sebanyak enam kali berturut-turut.

Sebagai penutup, Bupati Sergai mengucapkan selamat kepada 2 orang JPT Pratama  yang baru dilantik.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua dalam mengemban tugas yang mulia ini,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya, Pj Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si,  Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kahar Effendi, S.Sos, para Kepala OPD, Kabag dan jajaran Camat, Rohaniawan serta undangan lainnya. (Media Center Sergai, M Yamin Nasution, M Nasir Spdi, IGN )