promo
 promo
 promo
Berita

Kadis DIkbud Buol Bersama Kadis Kominfo Buol Tinjau Sarana Prasarana Belajar Di SMP Negeri Biau.

 

Buol Indoglobe News

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Buol, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol, Drs. Abdullah Lamase, M.Pd.I, melaksanakan peninjauan kondisi sarana dan prasarana belajar di SMP Negeri 1 Biau. Kadis Dikbud bertindak sebagai pembina upacara pada kesempatan ini.

 Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Suondo D. Sanua, S.Sos turut serta dalam kegiatan ini, yang dilaksanakan di lapangan upacara SMP Negeri 1 Biau, Senin 20 November 2023.

Kegiatan peninjauan langsung dilakukan Kadis Dikbud bersama Kadis Kominfo ini berfokus pada kondisi sekolah, terkhusus  ruang kelas untuk memastikan ketersediaan fasilitas belajar yang memadai. Meski SMP Negeri 1 Biau sebagai salah satu sekolah negeri pertama di Indonesia yang menjadi Kandidat Sekolah Rujukan Google, peninjauan ini menemukan beberapa fasilitas belajar yang perlu diperbaiki, terutama meja dan kursi yang kurang memadai.

Pemerintah Daerah, melalui Dinas Pendidikan, memberikan perhatian khusus terhadap kondisi sekolah ini. Langkah-langkah perbaikan sarana dan prasarana belajar akan terus dilakukan, sebagai wujud komitmen Pemda untuk memberikan lingkungan belajar yang kondusif bagi para siswa.

Selaras dengan peninjauan ini, dilakukan kegiatan minum tablet tambah darah bagi remaja putri. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, remaja putri memiliki peranan penting dalam upaya pencegahan stunting. Pemberian tablet tambah darah ini dilakukan oleh UPT Puskesmas Biau.

Sebagai informasi, pada 16 November 2023, SMPN 1 Biau dikukuhkan sebagai salah satu Sekolah Negeri pertama di Indonesia yang menjadi Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG) oleh pihak Google yang ditandai dengan penyerahan plakat KSRG kepada Pemerintah Kabupaten Buol. Plakat ini selanjutnya diserahkan Pemda kepada SMPN 1 Biau.

Hal ini karena SMP Negeri 1 Biau berkomitmen dan aktif, baik guru maupun siswa dalam menggunakan Google Workspace for Education yakni akun belajar.id, yang diberikan oleh Kemdikbudristek. Salah satu syarat menjadi KSRG adalah minimal 60 siswa aktif dan konsisten dalam menggunakan ChromeBook setiap hari selama proses pembelajaran berlangsung. Olehnya, pihak SMPN 1 Biau menyiapkan dua kelas sebagai percontohan. Selain itu syarat kedua yang telah dipenuhi adalah 30 persen dari jumlah guru di SMPN 1 Biau telah lulus menjadi Pendidik Bersertifikat Google  Level 1.

Dengan adanya perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah, diharapkan SMP Negeri 1 Biau terus menjadi sekolah yang memberikan kontribusi positif dalam mencetak generasi bangsa yang cerdas, beradab, dan terampil. Turut hadir dalam kegiatan ini Kabid PLIP, Kabid Layanan Hubungan Media Diskominfo Buol dan perwakilan UPT Puskesmas Biau.
(Sudirman Sija ING)
Rilis
Tim Humas Diskominfo